Tuesday, March 12, 2013

Cara Memilih Pucuk Daun Teh yang Tepat





Teh, bukan minuman asing bahkan sudah menjadi minuman waji bagi kita. Diyakini secara medik, bahwa teh memiliki senyawa-senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Adanya kandungan antioksidan, senyawa perisa dan pewarna menjadikan teh menjadi minuman istimewa. Tidak tanggung-tanggung, dari kaisar hingga rakyat biasa semua mengomsumsi teh. Tahukan kita, dari mana teh ini di peroleh..?
Di kebun teh Medini, Gunung Ungaran Jawa Tengah mencoba melihat asal-usul minuman menyehatkan ini. Hamparan teh seluas puluhan hektar ini ternyata menghasilkan teh-teh dengan kualitas tinggi. Bak karpet hijau, disinilah awal dari teh tersebut di petik, diolah hingga dikirim ke mancanegara. Seluas mata memandang, hanya hamparan tanaman teh yang terlihar. Petak-petak lahan teh selakyaknya gugusan pulau-pulau yang membentang dari bukit hingga lembah.


Dalam memetik daun teh kita tidak oleh sembarangan. Mereka harus benar-benar bisa menentukan daun-daun mana yang harus dipetik. Ada kualifikasi khusus untuk memetik daun teh, sebab akan menentukan kualitas teh yang nantinya akan diproduksi. Daun teh yang baik akan menjadi barang ekspor, sedang yang kurang baik akan masuk dalam pasar lokal.
Inilah yang di cari, Peco + 3M

Peco + 3M, adalah rumus untuk memetik daun teh dengan kualitas nomer satu. Rumus petik ini, mengharuskan memetik pucuk teh yang masih kuncup lancip dengan tiga daun muda. Petikan pucuk daun ini yang nantinya akan diproduksi menjadi teh hijua. Ada juga rumus petik burung, yaitu Burung. Maksud dari rumus ini adalah saat daun paling atas masih kuncup dan ada dua daun yang sudah mekar. Selintas petikan model ini mirip burung yang sedang mengepakan sayapnya.
Informasi yang menarik berkaitan dengan pemetikan daun teh adalah saat memilih pucuk mana yang akan dipetik. Jika salah memilih pucuk teh, maka kejadian fatal akan datang yakni tunas baru akan lama tumbuhnya. Rotasi pemetikan biasanya 12 hari, namun jika salah petik bisa 3 bulan baru bisa dipetik.


Pelatihan bagi pemetik teh benar-benar diperhatikan agar tidak salah dalam pemanenan. Rapor juga diberikan kepada pemetik teh, agar ada evaluasi selama bekerja menjaid buruh petik. Apabila memiliki kinerja yang bagus, baik secara kualitas dan kwantitas maka bonus akan mengalir, namun jika menurun bisa mendapatkan sangsi dari perusahaan.


Dari sinilah teh itu berasal. Puluhan warung atau tempat untuk menampung hasil petikan satu persatu diangkut menuju tempat penimbangan. Senyum sumringah nampak di wajah-wajah ceria pemetik teh. Dalam satu hari para pemetik bisa memperoleh 10-70Kg. Inilah salah satu sisi menarik dari teh, sebab dari sinilah teh itu berasal.


No comments:

Post a Comment